Rabu, 16 September 2015

Tagged Under:

Pulau Semak Daun, Enak buat Camping

Share
Pulau Semak Daun, Pelarian Yang Pas Dari Kepenatan

Pulau Semak Daun dari namanya mungkin terdengar asing akan tempat indah ini. Sebuah nama memang tak luput dari kondisi ataupun keadaan di sebuah tempat. Pulau Semak Daun terletak di Kepulauan Seribu, sebelah utara kota Jakarta dan termasuk ke dalam Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu.

Sesuai dengan namanya, pulau ini hanya berupa semak-semak dan pepohonan. Namun pulau ini memiliki pantai yang landai, bersih dan berpasir halus. Sunrise pada pagi haripun dapat kita jumpai saat mata terbuka dari mimpi :).

Tapi jangan harap menemukan penginapan dan fasilitas yang memadai di pulau tak berpenghuni ini. Hanya tersedia fasilitas alami yang Tuhan ciptakan untuk kita nikmati. Camping merupakan satu-satunya cara bagi yang ingin bermalam di sini. Namun bagi yang hanya ingin sekedar menikmati pulau ini tanpa bermalam, kita bisa menginap di Pulau Pramuka yang letaknya tidak jauh dari pulau Semak Daun.
Selain pantai yang indah, letak pulau ini juga dekat sekali dengan spot-spot snorkeling atau bahkan diving. Bagi pecinta kehidupan bawah laut yang menyegarkan mata, mungkin pulau ini layak dan harus untuk dikunjungi. Tidak sulit untuk mengunjungi pulau Semak Daun, khususnya bagi para pejalan yang berasal dari Jakarta. Pelabuhan Muara Angke merupakan titik awal dari perjalanan menuju pulau ini. 3 (tiga) jam berlayar dengan kapal kayu tradisional yang besar melalui teluk Jakarta hingga sampai di persinggahan yaitu Pulau Pramuka, pulau yang menjadi pusat administrasi di Kepulauan Seribu. Namun bagi yang bersaku tebal, bisa juga menyewa kapal cepat dari Pelabuhan Marina Ancol. Tentu dengan biaya yang lebih mahal jika dibandingkan dengan kapal penyeberangan dari muara angke yang hanya bertarif Rp. 30.000,-.
Sesampainya di pulau Pramuka, kita bisa menyiapkan segala keperluan untuk camping di pulau Semak Daun. Ohh iya, di pulau Semak Daun tidak ada sumber air tawar lhooo, jadi kita harus menyiapkannya di pulau Pramuka. Rental alat snorkeling hingga alat diving tersedia di pulau Pramuka dengan harga yang variatif. Sebelum menuju pulau Semak Daun, tidak ada salahnya untuk sekedar menikmati pulau Pramuka, di sini terdapat penangkaran Penyu Sisik yang dilindungi dan juga pengembangan Mangrove yang terdapat di sebelah timur pulau.
Penangkaran penyu sisik dan mangrove di pulau Pramuka
Setelah siap akan keperluan camping, kita harus menyewa perahu nelayan kecil untuk menuju pulau Semak Daun. Dengan biaya sekitar Rp. 300.000,-an dan berkapasitas 10-15 orang, kita bisa berkeliling pulau sekaligus smapai di pulau Semak Daun. Cukup mudah aksesnya, dekat dengan Ibukota Jakarta dan tentu saja murah bukan :))))). So, tunggu apalagi wahai para pejalan :))))
"Dan tak lupa selalu saya ingatkan, jagalah kebersihan"

sumber: http://www.tambora.web.id/2013/01/camping-ceria-di-pulau-semak-daun.html

1 komentar: